Buku Diary


Aku rasa, semua dah tau kan ini kalimat pembukaan untuk apa ?

Ini adalah kata (atau hanya salah satu) pembuka saat lagi menulis di buku diary. Ada yang belum tau apa itu buku diary ?

Buku Diary itu adalah buku yang berisi catatan pribadi atau jurnal sehari-hari. Isninya memuat banyak hal tentang kita, rekan-rekan di sekitar kita, kejadian ataupun pengalaman yang kita alami.. Baik itu pengalaman memalukan, menyenangkan, mengesankan, menyeramkan ataupun mengharukan..

Ngomong-ngomong mengenai buku diary.. Aku paling suka menulis di buku yang satu ini. Lebih tepatnya pas masa-masa ABG labil aku, sekitar masa transisi SD ke SMP gitu.. Saat itu, aku juga dah mulai nulis-nulis puisi ma cerita pendek ma pantun..

Kalo ingat masa itu, ketawa-ketiwi sendiri.. Abisnya, buku diary aku umpetin di atas loteng kamarku.. Kebetulan ada celah sedikit yang lebarnya muat lah dengan ukuran buku diary-nya aku.. Bagaimana gak diumpetin, punya Ibu ma kakak keponya minta ampun.. Tapi, yaa setidaknya aku punya kenangan lucu waktu di masa itu..


Tapi, perkembangan zaman sekarang sudah mengubah semuanya.. Maybe, saat ini sekarang kebanyakan nulis keluh-kesah, lucu, sedih, haru, dan bahagianya lewat sosial media..

Gak masalah sih, tapi bagi aku pribadi, esensi dari curhat di buku diary dibandingkan curhat di sosial media.. Yaa, lebih baguskan di buku diary.. Karena, curhat di sosmed sekarang bagi aku sudah menjadi ladangnya aib seseorang.. Sudah aib, diumbarin pula !.. Hadeehh  -__-))”>

Oh iya, aku sempat search dikit nih tentang manfaat nulis buku diary.. Menurut web teruskan.com, manfaat nulis buku diary itu diantaranya adalah..

Nih !

MENGURANGI STRESS
Stress yang tidak disalurkan maupun diekspresikan dapat membahayakan tubuh maupun pikiran karena pengaruhnya terutama pada kesehatan tubuh yang besar.
Jika seseorang sedang stress atau memiliki banyak beban pikiran, menyalurkannya dalam bentuk tulisan di buku harian dapat menjadi kegiatan yang tepat. Karena menulis di buku harian menjadi sangat personal, jadi kita dapat dengan bebasnya menyalurkan perasaan dan juga curahan amarah dan lain sebagainya.
Cara ini dinilai jauh lebih baik daripada memendam masalah dan menyalurkan ke berbagai hal yang negatif.

MENYIMPAN MEMORI
Pernah menemukan dan membaca buku harian anda saat  masih kecil dulu? Kita tentu akan teringat oleh kejadian yang saat itu terjadi lewat tulisan-tulisan tersebut.
Selain untuk mengurangi stress, menulis di buku harian juga dapat menjadi ‘alat’ yang tepat untuk menyimpan memori dan kenangan. Tak salah jika kemudian buku harian juga dapat dijadikan sumber sejarah beberapa kejadian di masa lampau.

SUMBER INSPIRASI
Terkadang inspirasi datang begitu tiba-tiba dan juga dapat hilang dan terlupakan dengan cepat.
Buku harian dapat menjadi media sumber inspirasi anda. Saat anda terinspirasi akan suatu hal dan memiliki ide-ide yang tiba-tiba terpikirkan, tulislah pada buku harian anda, dari situ pula ide-ide itu dapat berkembang dan terwujud.

TARGET HIDUP
Berkhayal ?. Dalam buku harian anda bebas bermimpi dan berkhayal akan rencana-rencana di masa depan, maupun target jangka penden yang ingin anda lakukan.
Tulis target-target hidup anda pada buku harian dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk meraih mimpi-mimpi anda.

PEMBELAJARAN HIDUP
Semua orang pasti pernah mengalami kejadian buruk yang tak dapat terlupakan. Saat anda mengalaminya, tuangkan dalam tulisan-tulisan anda dan dengan begitu, suatu saat anda akan membacanya kembali dan mengambil pelajaran berharga dari kejadian tersebut.

MELATIH OTAK KIRI
Menulis diari membutuhkan konsentrasi dan ingatan yang tajam akan kejadian-kejadian yang terjadi.
Hal tersebut dapat melatih otak kiri anda dimana anda akan terus melatih untuk menulis, merangkai kalimat-kalimat, mengingat dan berkreasi.

Gimana ?

Nulis buku diary banyak manfaatnya kan ?

Andai, buku diary bisa diajak bicara.. Satu aja sih yang pengen aku katakan, senang pernah berkenalan dengan kamu buku diary ^_^))

And, bagi kalian diluar sana yang masih nulis-nulis buku diary.. Selamat menulis ! ^_^))/

Posting Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan komentar di BlogKuJie ^^