Latihan Ala Tentara

Huwaaa.. . Aku jatuh !!  =_=))

Mentang-mentang, si bapak profesi di KTP-nya tentara.. Aku jatuhnya pake gaya ala-ala latihan tentara  yang merangkak di tanah juga..

Sakit sih, nggak.. Cuma sedikit perih..

Syukur Alhamdulillah juga sih, lukanya bukan luka terbuka sampe berdarah banyak.. Lecet-lecet pinky doang..

Nih, gambarnya..

siku aku, sebelum dicuci..

siku ma lutut aku, dah keliatan warna pinky-nyaa..

lecet bagian lutut nih, paling perih rasanyaa..

Aishh, padahal niatnya cuma nyapu halaman sampe bersih, eh dapet kejadian begini.. Itu semua karena akar mangga yang menyandungku.. >_<))/

Tapi, salah aku juga sih.. Karena pake sandal yang kebesaran.. Alhasil, kekuatan akar mangga yang kuat bertemu dengan ukuran sandal yang lebih besar daripada pijakan kakiku, membuat aku terjun bebas dan berhasil mendarat di tanah..

Sebenarnya bukan cuma badan yang lecet-lecet begitu.. Baju aku pun menjadi korban, warna putih pula.. Tapi, sekarang tuh baju lagi berendam indah di air sabun cuci.. Semoga, nodanya hilang.. 

Untuk insiden ini, ku sih punya satu harapan saja.. Semoga, tetangga sebelah yang lagi duduk-ngopi-ngerokok.. Gak liat insiden keren ini.. ^_^))”>

Malu !

INOVASI PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH UNIVERSITAS TERBUKA


Melihat judul diatas, sudah tentu kita semua berpikiran dengan metode pendidikan atau pembelajaran yang menggunakan media internet. Yaa, metode pembelajaran jarak jauh melalui internet. Metode pembelajaran yang didasarkan pada dasar pemikiran murid adalah pusat proses pembelajaran, bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri, dan berusaha sendiri di tempat mereka sendiri dengan bantuan media teknologi yaitu internet.

Bukan hal yang tidak biasa lagi, jika kita melihat pemandangan dan meneliti bahwa salah satu hal memprihatinkan dalam dunia pendidikan kita, yaitu rendahnya kualitas pendidikan itu sendiri dan output sumber daya manusia (SDM) yang kita hasilkan pun menjadi rendah.

Ditambah lagi, di masa globalisasi ini kita diphobiakan dengan tuntutan masa depan yang mengharuskan kita mampu bersaing (kompetitif), tidak hanya dalam negeri tapi juga di luar negeri. Hal itu, tentu saja juga harus dibarengi dengan penguasaan teknologi dan informasi, seperti media pembelajaran jarak jauh (internet) itu sendiri. Sehingga, akan dihasilkan system pembelajaran yang efektif dan efisien.


Universitas Terbuka (UT), telah melihat problem dunia pendidikan yang kita hadapi itu. Sehingga, berkomitmen untuk menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran yang baru. Salah satu inovasi baru tersebut ialah Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (disingkat UPBJJ-UT).


Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) adalah unit pelaksana teknis di daerah (seluruh Indonesia) yang berfungsi sebagai tempat mahasiswa UT untuk melakukan kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik.



Untuk kegiatan sehari-hari, UPBJJ-UT dibebani tugas penyelenggaraan pelayanan belajar jarak jauh. Dimana dalam menyelenggarakan tugas tersebut UPBJJ-UT mempunyai fungsi pokok, yaitu:
  1. Melaksanakan kegiatan administrasi dan humas serta promosi yang di koordinasi oleh Ka. Subbag. Tata Usaha. Melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi akademik yang meliputi kegiatan registrasi dan pengujian. Kegiatan ini tidak dilakukan secara bersamaan tetapi sangat berkaitan dan berkesinambungan.
  2. Melaksanakan kegiatan pelayanan bantuan belajar dan layanan bahan ajar yang meliputi pelaksanaan tutorial dan ekstrakurikuler.
  3. Mengembangkan, membina, dan melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi.

Hal terbaru yang menjadi inovasi UPBJJ-UT ini adalah Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri (UPBJJ-UT LLN). Yaitu, UPBJJ-UT yang melayani kebutuhan ilmu pengetahuan bagi masyakarat atau warga negara Indonesia yang sedang berdomisili di luar negeri.

Diharapkan Universitas Terbuka bisa menjadi jembatan mencerdaskan kehidupan bangsa tanpa kendala ruang dan waktu untuk Indonesia yang lebih maju lagi, lebih sejahtera dan juga bermartabat. 

Semoga tercapai !.




"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-30. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan"


tag : "Lomba Blog Dies Natalis Universitas Terbuka ke-30”

Giveaway : Hitam dalam Riya'

Postingan giveaway pertama untuk bulan Agustus di blog ini.. ^_^))
Kita do’a dulu yuk !! Semoga, aku yang menang dalam giveaway yang satu ini.. Amiienn.. ^_^))v
Giveaway kali ini ngambil tema hitam (black).. Sempat bingung juga sih mau posting apaan tentang hitam (black) itu.. Mau posting tentang barang berwarna hitam, udah ada.. Mau posting tentang kemewahan dan elegan yang dimiliki warna hitam juga sudah ada.. ^_^))”>

Nah, akhirnya muncul satu ide di otak aku dari hasil gaya nungging di kamar pas tidur siang.. And, hal itu adalah hitam (black) dalam sifat riya’..

Tau kan yang namanya riya’ ?..

Bukan nama orang loh yaa, tapi salah satu sifat tidak terpuji yang tidak disukai oleh Allah.. Bahkan, Nabi Muhammad sangat takut jika umatnya terjebak dalam sifat yang satu ini..
“Yang paling aku takutkan dari apa yang aku takutkan atas kamu ialah syirik ashghor, ditanya oleh para sahabat, apa maksudnya ya Rasulullah ? Beliau bersabda: riya’..” ( al-Hadits)
Menurut bahasa riya’ itu artinya pamer, memperlihatkan, memamerkan, atau ingin memperlihatkan yang bukan sebenarnya. Sedangkan menurut istilah riya’ dapat didefinisikan “memperlihatkan suatu ibadah dan amal shalih kepada orang lain, bukan karena Allah tetapi karena sesuatu selain Allah, dengan harapan agar mendapatkan pujian atau penghargaan dari orang lain..

Terus, hubungannya ma si hitam apaa ?.. -_-))?

Apakah riya’ itu elegan ? ataukan riya’ itu menawan ?..

Hihii, semoga gak ada yang mikir gitu yaa.. ^_^))

Hubungan riya’ ma hitam disini yaitu perumpamaannya.. Dimana, perumpaannya riya' adalah :

Bagaikan semut hitam yang berjalan

di atas batu hitam
saat di malam gelap gulita..

Bisa bayangin gak tuh.. hitam ketemu hitam ketemu hitam.. Bakal terlihat ?.. Nggak !..

Nah, itu bahaya dari sifat riya’.. Gak terlihat !.. Tapi sangat membahayakan.. Dapat mematikan sifat ikhlas dan memusnahkan pahala.. Sayang banget kan, beramal tapi gak dihitung..

Mau begituu ?..  Nggak kan !..
Yaa udah, yukk, do’a lagi.. Semoga, kita semua terhindar dari sifat riya’ yaa.. Amiien ^_^))

Nah, doa agar terhindar dari sifat riya’ udah.. Sekarang beberapa contoh dari sifat riya’ itu sendiri.. Yaitu :
  • Menceritakan amal padahal niatnya udah ikhlas.. Contohnya nih, di kampus ada yang nanya “Koq kamu ngantuk sih, ngapain semalam” terus kamu jawab “Abis shalat tahajjud”.. Nah, yang demikian itu bisa termasuk riya’ loh !!
  • Mengakui sesuatu yang tidak pernah dilakukan.. Contohnya, ada yang bercerita bahwa tadi malam dia bermimpi Nabi Muhammad SAW, padahal sebetulnya mimpi itu tidak pernah dialami.. Dan cerita-cerita yang lain..
  • Riya' yang muncul setelah ikhlas.. Contohnya, kita berinfak sebesar 100 juta di masjid, eh tiba-tiba ada yang memuji tentang kebaikan kita.. Kita senang mendengarnya.. Lantas, kita nyumbang lagi sebesar 100 juta dengan harapan dapat pujian lagi.. Itu riya’ lagi namanya..
  • Menunjukkan ibadah dengan cara tidak langsung.. Contohnya, saat di masjid kita dzikir dengan pelan karena lagi sendirian.. Saat ada orang datang, kita sengaja memperdengarkankan dzikir kita kepada orang yang baru datang tersbut..
  • Suka membuka aib orang lain.. Sabda Nabi: “Barangsiapa berusaha membuka aib seorang muslim, Allah akan membuka aibnya walaupun didalam rumahnya sendiri"..

"Artikel ini diikutsertakan pada #BlackGiveaway"


Sumber :

Review Novel : Finally You

Puji syukur, Alhamdulillah.. 

Hadiah giveaway-ku berupa novel Finally You udah datang sekitar tiga hari yang lalu.. Kemarin juga udah selesai aku baca.. And, sekarang waktunya mereview.. ^_^))/

Tapi, aku sebenarnya gak terlalu tau dan ahli dalam mereview sebuah buku.. Bahkan, buku ini menjadi buku pertama yang saya review di blog. So, saya minta maaf yaa, kalo review saya mengenai Finally You gak memuaskan..

Ok, review dimulai..

Judul : Finally You
Pengarang : Dian Mariani
Editor : Herlina P. Dewi
Proff Reader : Weka Swasti
Desain Cover : Teguh Santosa
Layout Isi : Deeje
ISBN : 978-602-7572-28-7
Penerbit : Stiletto Book, Yogyakarta
Tebal : 280 halaman

Novel ini menceritakan tentang perjalanan cinta antara atasan dan karyawan, yang dipertemukan oleh sebuah LUKA.. Luka atas pengkhianatan dari masa lalu mereka sendiri..

“Suara itu… Suara bariton yang paling dirindukan Luisa. Suara yang selama ini menenangkan, sebelum menjadi asing dan jauh”. [hal :14]

Luisa, seorang gadis yang masih terjebak dan masih belum bisa move-on dari mantannya bernama Hans.. Tiba-tiba, bertemu dengan atasannya yang bernama Raka dalam situasi yang tidak terduga..