Buku Diary


Aku rasa, semua dah tau kan ini kalimat pembukaan untuk apa ?

Ini adalah kata (atau hanya salah satu) pembuka saat lagi menulis di buku diary. Ada yang belum tau apa itu buku diary ?

Buku Diary itu adalah buku yang berisi catatan pribadi atau jurnal sehari-hari. Isninya memuat banyak hal tentang kita, rekan-rekan di sekitar kita, kejadian ataupun pengalaman yang kita alami.. Baik itu pengalaman memalukan, menyenangkan, mengesankan, menyeramkan ataupun mengharukan..

Ngomong-ngomong mengenai buku diary.. Aku paling suka menulis di buku yang satu ini. Lebih tepatnya pas masa-masa ABG labil aku, sekitar masa transisi SD ke SMP gitu.. Saat itu, aku juga dah mulai nulis-nulis puisi ma cerita pendek ma pantun..

Kalo ingat masa itu, ketawa-ketiwi sendiri.. Abisnya, buku diary aku umpetin di atas loteng kamarku.. Kebetulan ada celah sedikit yang lebarnya muat lah dengan ukuran buku diary-nya aku.. Bagaimana gak diumpetin, punya Ibu ma kakak keponya minta ampun.. Tapi, yaa setidaknya aku punya kenangan lucu waktu di masa itu..


Tapi, perkembangan zaman sekarang sudah mengubah semuanya.. Maybe, saat ini sekarang kebanyakan nulis keluh-kesah, lucu, sedih, haru, dan bahagianya lewat sosial media..

Gak masalah sih, tapi bagi aku pribadi, esensi dari curhat di buku diary dibandingkan curhat di sosial media.. Yaa, lebih baguskan di buku diary.. Karena, curhat di sosmed sekarang bagi aku sudah menjadi ladangnya aib seseorang.. Sudah aib, diumbarin pula !.. Hadeehh  -__-))”>

Oh iya, aku sempat search dikit nih tentang manfaat nulis buku diary.. Menurut web teruskan.com, manfaat nulis buku diary itu diantaranya adalah..

Nih !

MENGURANGI STRESS
Stress yang tidak disalurkan maupun diekspresikan dapat membahayakan tubuh maupun pikiran karena pengaruhnya terutama pada kesehatan tubuh yang besar.
Jika seseorang sedang stress atau memiliki banyak beban pikiran, menyalurkannya dalam bentuk tulisan di buku harian dapat menjadi kegiatan yang tepat. Karena menulis di buku harian menjadi sangat personal, jadi kita dapat dengan bebasnya menyalurkan perasaan dan juga curahan amarah dan lain sebagainya.
Cara ini dinilai jauh lebih baik daripada memendam masalah dan menyalurkan ke berbagai hal yang negatif.

MENYIMPAN MEMORI
Pernah menemukan dan membaca buku harian anda saat  masih kecil dulu? Kita tentu akan teringat oleh kejadian yang saat itu terjadi lewat tulisan-tulisan tersebut.
Selain untuk mengurangi stress, menulis di buku harian juga dapat menjadi ‘alat’ yang tepat untuk menyimpan memori dan kenangan. Tak salah jika kemudian buku harian juga dapat dijadikan sumber sejarah beberapa kejadian di masa lampau.

SUMBER INSPIRASI
Terkadang inspirasi datang begitu tiba-tiba dan juga dapat hilang dan terlupakan dengan cepat.
Buku harian dapat menjadi media sumber inspirasi anda. Saat anda terinspirasi akan suatu hal dan memiliki ide-ide yang tiba-tiba terpikirkan, tulislah pada buku harian anda, dari situ pula ide-ide itu dapat berkembang dan terwujud.

TARGET HIDUP
Berkhayal ?. Dalam buku harian anda bebas bermimpi dan berkhayal akan rencana-rencana di masa depan, maupun target jangka penden yang ingin anda lakukan.
Tulis target-target hidup anda pada buku harian dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk meraih mimpi-mimpi anda.

PEMBELAJARAN HIDUP
Semua orang pasti pernah mengalami kejadian buruk yang tak dapat terlupakan. Saat anda mengalaminya, tuangkan dalam tulisan-tulisan anda dan dengan begitu, suatu saat anda akan membacanya kembali dan mengambil pelajaran berharga dari kejadian tersebut.

MELATIH OTAK KIRI
Menulis diari membutuhkan konsentrasi dan ingatan yang tajam akan kejadian-kejadian yang terjadi.
Hal tersebut dapat melatih otak kiri anda dimana anda akan terus melatih untuk menulis, merangkai kalimat-kalimat, mengingat dan berkreasi.

Gimana ?

Nulis buku diary banyak manfaatnya kan ?

Andai, buku diary bisa diajak bicara.. Satu aja sih yang pengen aku katakan, senang pernah berkenalan dengan kamu buku diary ^_^))

And, bagi kalian diluar sana yang masih nulis-nulis buku diary.. Selamat menulis ! ^_^))/

Happy Day or ?

Happy anniversary aku ma si doi, diwarnai tragedy yang cukup menjengkelkan.. Bukan berhubungan ma si doi langsung sih.. Hanya saja, yaa hari happy gituu.. Yaa harapnya sih, penuh kejadian-kejadian happy ato bahagia juga..

Tapi, eh.. Ternyata nggak !..

Pertama, handphone buatan China-ku yang tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi.. Tapi, bisa juga dipake buat lempar kepala maling, jatuh pas hening-heningnya di dalam kelas.. Aku sih gak malu, tapi risih aja gitu.. Handphone jatuh kok suaranya seperti batu gunung yang pecah.. Keras banget !..

Kedua, pas jam dikelas insiden handphone berakhir aku ke kamar mandi.. Emang gak biasanya sih.. Sejak awal masuk di salah satu bilik kamar mandi, aku liatin tuh gagang pintunya terussss..

And, taraaaa..

Aku terkunci !..

Panik ?.. Nggak !..

Cuma, pas itu kejadian, akunya seperti terdorong untuk mempraktekkan adegan di film-film gitu.. Yang kalo terjebak di kamar mandi, yaa manjat !..

And, alhasil.. Dengan memperhitungkan tinggi tembok dan berat badan yang harus kuangkat agar bisa naik kesana, dan bertumpu di keran air yang alhamdulillah keras dan kuat menahan kakiku.. Aku berhasil loncat (sebenarnya jatuh ^_^)) di bilik kamar mandi sebelah..

Walaupun berhasil, tangan bagian pergelangan bawah (tempatnya cek nadi) lecet !..

Tapi, keren juga sih kalo aku ingat-ingat ^_^))’>

Ketiga, ketemu teman beda jurusan di kampus.. And, kalimat pembuka pertemuan yang dia katakan..

“Dua semester gak ketemu, kamu tambah gemuk yaa !”, sambil memukul bagian pantatku..

Aisshh, kalo udah ada yang bilang begini.. Aku cuma bisa senyum-senyum masam..

Tapi, gak aku pungkiri sih.. Nih badan emang gak kurus-kurus.. -_-))”> Apalagi bagian pipi, udah kayak bakso bulatnya..

Meskipun begitu, hari ini cukup berkesan buatku.. Terima kasih buat cokelatnya. Sayaang banget, aku minta boneka tweety besar dia mutar-mutar di toko gak nemu.. #BilangAjaPelit

Tampil Gaya dengan Barang Dagangan ^_^

September Ceria~~.. September Ceria~~.. Milik kita, bersama~~..

Eheeem, numpang nyanyi dulu yaa.. Untung nyanyinya lewat tulisan blog doang, coba nyanyi lewat pake suara..

Dijamin, Nggak ada yang mau denger !

SKIP

Lupakan kegilaan saya diatas.

Oh iya, postingan kali ini aku ngebahas tentang salah satu komik kece bin cetar membahana tahun ini dari Mak Rahmi Aziza.. Yups, komik Mak Irits. Hihii, dari judulnya aja dah ketahuan. Komik ini berisikan tentang kehidupan ato bentuk irit dari Emak-Emak..


Hmmm, tapi menurut aku.. Gak perlu menyandang status emak-emak pun kalo baca nih Mak Irits. Bakal ketawa ngakak !

Bukan hanya karena lucu. Tapi sedikit menyindir dan jlebb dalam keseharian kita sendiri.

Sebenarnya sih, aku gak punya komik Mak Iritsnya. Tapi, yaa iseng dan berusaha meramaikan giveaway-nya, gak salah dong.. ^_^))”> Apalagi, terpilih kali ya jadi salah satu yang menang.. #GueBanget #NgarepBanget #MulaiNgirit ^_^))v

So, untuk dapetin gambar ataupun bocoran isi Mak Irits.. Aku harus ubek-ubek sosmed yang berhubungan dengan Mak Irits sendiri.

And, dapet !

Nih..


Tampil gaya pake barang dagangan kemana-mana.. Hanya dengan tujuan dapetin costumer , itu gaya Emak #GueBanget.. Bukan cuma si Emak sih, kadang kalo lagi kondangan atau lagi ada pertemuan keluarga, aku juga sengaja pake baju atau barang jualan si Emak. Promosi plus pameran langsung kayaknya, dengan bermodelkan cewek manis seperti saya.. ^_^))

And, kadang trik itu berhasil loh..!

Biasanya, jebakan promosi seperti ini berhasil jika sudah mulai ada yang berkomentar, “Ihh, bajunya bagus, beli dimana ?”..

Cusss, kalo udah ada yang gitu mulai deh si Emak yang bergerak dan mengambil alih..

And, Alhamdulillah ! Karena usaha kecil-kecilan seperti itu, aku masih bisa pake baju baru pas lebaran dulu, meskipun keuangan keluarga lagi limited.. Etapi, baju barunya dipake untuk keperluan promosi lagi sih.. -_-))”>

Mumpung ketemu ma keluarga besar gitu..


“Tulisan ini diikutsertakan untuk memeriahkan GiveAway Komik mak Irits #GueBangets”

Buku Gratis dari Kick Andy

Pernah gak sih kalian dapat buku gratisan ?

Aku pernah loh !

Biasanya sih, dari hasil ikut giveaway, kuis, dan undian di sosmed.

Oh ya, ada satu nih website yang tiap minggunya ngasih buku gratis. Etapi, harus diundi dulu. Gak masalahkan ? Kalo bukunya dah rezeki, pasti jadi milik kamu.

Website yang saya maksud, website dari Kick Andy. Dah tau pasti ! Itu loh, salah satu program acara talk show di Metro TV yang pembawa acara Andy F. Noya.



Aku sendiri baru dapet sekali hadiahnya bukunya. Lupa tanggalnya berapa. Tapi, yang jelas dah tiga tahunan aku ikutin websitenya..

Hihii, dah tiga tahunan, tapi baru satu buku yang jadi rezeki. #TebarJampiGakMempan

Nih penampakan hadiah buku yang aku dapet..



Nah, ada yang minat dapetin buku gratisnya ?

Silahkan daftar disini ^_^))

Rawatlah Bukumu ! Gak Susah Kok !

Happy pertengahan September \(^_^)/

Tuk bulan September ini, aku niatkan untuk memosting artikel tentang buku. Bukan review buku pastinya (gak ahli review soalnya). Tapi, yaa pokoknya berhubungan dengan buku lah !.

Seperti judul diatas, aku akan memberikan tips-tips untuk merawat buku yang baik dan benar !




PERTAMA
DISAMPUL. Menyampul buku sebenarnya tak terlalu sulit. Coba ke toko alat-alat tulis, lalu beli plastik mika bening yang sudah dipotong sekalian (harganya terjangkau, gak mahal). Usahakan jangan terlalu ketat nyampulnya ya, karena bisa membuat cover jadi melengkung.

KEDUA
SUSUN BERDIRI, JANGAN DITUMPUK. Menumpuk buku apalagi dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan kertas lengket, atau minimal ada tinta cetakan yang menempel di halaman berikutnya.

KETIGA
JANGAN DILIPAT. Melipat buku bisa merusak kertas. Gunakan pembatas buku yang sekarang selalu menjadi bonus buku-buku yang kamu beli. Jangan menaruh bolpen atau pensil di dalam buku sebagai pembatas, karena bisa merusak jilid.

KEEMPAT
JANGAN DICORET. Jangan ditulisi, di-hilite atau apa pun dengan marker, bolpen, bahkan pensil. Gunakan post-it atau sticky notes. Pilih yang berperekat bagus, agar tak meninggalkan sisa perekat pada buku.

KELIMA
JANGAN TERLALU LAMA DI KARDUS. Hindari menyimpan buku-buku terlalu lama di dalam kotak kardus. Kardus kertas yang bahannya berupa kayu, mengandung asam yang cukup tinggi. Akibatnya, buku berubah warna jadi kekuningan. Sebisa mungkin, keluarkan dari kardus ya. Jika terpaksa, simpanlah buku dalam box-box plastik atau kotak penyimpanan sejenis.

KEENAM
BERSIHKAN BUKU DAN RAKNYA. Buku jika sudah lama tentu akan berdebu. Bersihkanlah satu persatu secara teratur dengan menurunkannya dari rak, setidaknya sebulan sekali. Sekaligus kamu bisa menatanya ulang biar nggak bosen juga.

KETUJUH
BERI KAMPER. Buku mengundang rayap karena bahan utama buku adalah kayu. Beri kamper yang dihancurkan atau bisa juga beri bubuk cengkeh agar buku kita terjaga dari rayap. Alternatif lain, bisa menggunakan biji lada putih yang dilapisi kain, serpihan arang kelapa yang dimasukkan ke dalam amplop bertutup rapat, silica gel dalm kemasan bungkus (tersedia di toko kimia)

Gimana tipsnya ?. Dipratekkan ya ! And, semoga bermanfaat ^_^))/



Sumber : StilettoBook.com