INOVASI PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH UNIVERSITAS TERBUKA


Melihat judul diatas, sudah tentu kita semua berpikiran dengan metode pendidikan atau pembelajaran yang menggunakan media internet. Yaa, metode pembelajaran jarak jauh melalui internet. Metode pembelajaran yang didasarkan pada dasar pemikiran murid adalah pusat proses pembelajaran, bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri, dan berusaha sendiri di tempat mereka sendiri dengan bantuan media teknologi yaitu internet.

Bukan hal yang tidak biasa lagi, jika kita melihat pemandangan dan meneliti bahwa salah satu hal memprihatinkan dalam dunia pendidikan kita, yaitu rendahnya kualitas pendidikan itu sendiri dan output sumber daya manusia (SDM) yang kita hasilkan pun menjadi rendah.

Ditambah lagi, di masa globalisasi ini kita diphobiakan dengan tuntutan masa depan yang mengharuskan kita mampu bersaing (kompetitif), tidak hanya dalam negeri tapi juga di luar negeri. Hal itu, tentu saja juga harus dibarengi dengan penguasaan teknologi dan informasi, seperti media pembelajaran jarak jauh (internet) itu sendiri. Sehingga, akan dihasilkan system pembelajaran yang efektif dan efisien.


Universitas Terbuka (UT), telah melihat problem dunia pendidikan yang kita hadapi itu. Sehingga, berkomitmen untuk menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran yang baru. Salah satu inovasi baru tersebut ialah Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (disingkat UPBJJ-UT).


Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) adalah unit pelaksana teknis di daerah (seluruh Indonesia) yang berfungsi sebagai tempat mahasiswa UT untuk melakukan kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik.



Untuk kegiatan sehari-hari, UPBJJ-UT dibebani tugas penyelenggaraan pelayanan belajar jarak jauh. Dimana dalam menyelenggarakan tugas tersebut UPBJJ-UT mempunyai fungsi pokok, yaitu:
  1. Melaksanakan kegiatan administrasi dan humas serta promosi yang di koordinasi oleh Ka. Subbag. Tata Usaha. Melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi akademik yang meliputi kegiatan registrasi dan pengujian. Kegiatan ini tidak dilakukan secara bersamaan tetapi sangat berkaitan dan berkesinambungan.
  2. Melaksanakan kegiatan pelayanan bantuan belajar dan layanan bahan ajar yang meliputi pelaksanaan tutorial dan ekstrakurikuler.
  3. Mengembangkan, membina, dan melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi.

Hal terbaru yang menjadi inovasi UPBJJ-UT ini adalah Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri (UPBJJ-UT LLN). Yaitu, UPBJJ-UT yang melayani kebutuhan ilmu pengetahuan bagi masyakarat atau warga negara Indonesia yang sedang berdomisili di luar negeri.

Diharapkan Universitas Terbuka bisa menjadi jembatan mencerdaskan kehidupan bangsa tanpa kendala ruang dan waktu untuk Indonesia yang lebih maju lagi, lebih sejahtera dan juga bermartabat. 

Semoga tercapai !.




"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-30. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan"


tag : "Lomba Blog Dies Natalis Universitas Terbuka ke-30”

Poskan Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan komentar di BlogKuJie ^^