Langsung ke konten utama

Rawatlah Bukumu ! Gak Susah Kok !

Happy pertengahan September \(^_^)/

Tuk bulan September ini, aku niatkan untuk memosting artikel tentang buku. Bukan review buku pastinya (gak ahli review soalnya). Tapi, yaa pokoknya berhubungan dengan buku lah !.

Seperti judul diatas, aku akan memberikan tips-tips untuk merawat buku yang baik dan benar !




PERTAMA
DISAMPUL. Menyampul buku sebenarnya tak terlalu sulit. Coba ke toko alat-alat tulis, lalu beli plastik mika bening yang sudah dipotong sekalian (harganya terjangkau, gak mahal). Usahakan jangan terlalu ketat nyampulnya ya, karena bisa membuat cover jadi melengkung.

KEDUA
SUSUN BERDIRI, JANGAN DITUMPUK. Menumpuk buku apalagi dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan kertas lengket, atau minimal ada tinta cetakan yang menempel di halaman berikutnya.

KETIGA
JANGAN DILIPAT. Melipat buku bisa merusak kertas. Gunakan pembatas buku yang sekarang selalu menjadi bonus buku-buku yang kamu beli. Jangan menaruh bolpen atau pensil di dalam buku sebagai pembatas, karena bisa merusak jilid.

KEEMPAT
JANGAN DICORET. Jangan ditulisi, di-hilite atau apa pun dengan marker, bolpen, bahkan pensil. Gunakan post-it atau sticky notes. Pilih yang berperekat bagus, agar tak meninggalkan sisa perekat pada buku.

KELIMA
JANGAN TERLALU LAMA DI KARDUS. Hindari menyimpan buku-buku terlalu lama di dalam kotak kardus. Kardus kertas yang bahannya berupa kayu, mengandung asam yang cukup tinggi. Akibatnya, buku berubah warna jadi kekuningan. Sebisa mungkin, keluarkan dari kardus ya. Jika terpaksa, simpanlah buku dalam box-box plastik atau kotak penyimpanan sejenis.

KEENAM
BERSIHKAN BUKU DAN RAKNYA. Buku jika sudah lama tentu akan berdebu. Bersihkanlah satu persatu secara teratur dengan menurunkannya dari rak, setidaknya sebulan sekali. Sekaligus kamu bisa menatanya ulang biar nggak bosen juga.

KETUJUH
BERI KAMPER. Buku mengundang rayap karena bahan utama buku adalah kayu. Beri kamper yang dihancurkan atau bisa juga beri bubuk cengkeh agar buku kita terjaga dari rayap. Alternatif lain, bisa menggunakan biji lada putih yang dilapisi kain, serpihan arang kelapa yang dimasukkan ke dalam amplop bertutup rapat, silica gel dalm kemasan bungkus (tersedia di toko kimia)

Gimana tipsnya ?. Dipratekkan ya ! And, semoga bermanfaat ^_^))/



Sumber : StilettoBook.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh Kartun Berwarna Kuning

Ini artikel sebenarnya setoran artikelku. Tapi karena nggak ter-approve, ya udah aku posting aja di blog pribadi aku. Toh, beberapa diantara karakter kartun ini aku suka banget ^_^))"> Sampe punya koleksi daster, baju kaos, boneka, dan seprai-nya.. Langsung aja kali yaa.. Ini beberapa tokoh kartun yang berwarna kuning~~

Teori Klasik Adam Smith Beserta Implikasi Kasus Masa Sekarang

TEORI KLASIK ADAM SMITH BESERTA IMPLIKASI KASUS MASA SEKARANG Shofiail Haisyah Sadri A1112275 Ilmu Ekonomi

ABSTRAK Manusia hidup sarat dengan persoalan, salah satunya ialah persoalan ekonomi. Saat persoalan ekonomi satu terselesaikan, maka persoalan ekonomi lainnya pun bermunculan. Hal inilah, yang menjadi dasar terciptanya teori-teori dan konsep ekonomi guna menyelesaikan persoalan dan tantangan tersebut. Untuk mendalami hal tersebut, maka sangat perlu untuk mempelajari bagaimana teori atau pemikiran ekonomi itu sendiri dikembangkan, siapa yang mengembangkan, mengapa dikembangkan, dan apa saja konsekuensi yang ditimbulkannya. Hal ini tentu sangat berguna untuk pengambilan keputusan terhadap persoalan ekonomi bahkan dalam ruang lingkup negara.

Tips Get Medal High Sea Saga Mudah

Game..
Ini salah satu jenis hiburan yang jadi favoritku, selain baca novel. Untuk genre, aku lebih senang memainkan game yang bersifat simulasi.. Bahkan, pernah satu waktu handphone-ku hampir 50% cuma berisikan aplikasi game saja.. Tapi sekarang sih, sudah sedikit taubat, karena ada sesuatu hal yang ingin aku capai dan list deadline tahun ini.. Jadi, mau tidak mau harus rela mengurangi kegiatan bermain gameku..
Untuk saat ini, aku hanya menyisakan tiga buah aplikasi di folder Games handphone-ku.. Dua aplikasi ialah game simulasi, dan satunya lagi aplikasi Coloring.. Game simulasi yang aku mainkan, semuanya keluaran dari Kairosoft, yang merupakan platform game asal Jepang..