Infused Water, Kesehatan atau Trend ?

Infused water, siapa sih yang gak tau.. Itu loh minuman dari olahan buah yang cara buatnya sangat simpel, yakni air bersih siap minum dicampur potongan buah dan rempah-rempah. 

Aku sendiri pernah nyoba bikin. Tapi alih-alih enak, eh rasanya malah pahit ^_^))">


Awalnya infused water ini menjadi salah satu alternatif bagi orang yang kurang suka dengan air putih karena memiliki aroma dan rasa.. Namun, saat ini air putih yang berisikan buah-buahan ini menjadi trend baru anak-anak muda dikota besar.. Setiap kali duduk di café dan memesan minuman ini, tidak lupa untuk memposting-nya di sosial media..

Lalu, Apakah Infused Water Bermanfaat Bagi Tubuh ^_^))?

Menurut ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, akan lebih baik jika buah dikonsumsi langsung dibandingkan menjadi infused water karena buah yang dijadikan infused water bisa saja terkontaminasi oleh air yang digunakan.. Jika buah yang dikonsumsi sudah terkontaminasi, maka akan menyebabkan bakteri menyebar ke dalam tubuh.. Apabila menyebar, bakteri dalam tubuh bisa mengakibatkan diare, muntah-muntah, dan gangguan pencernaan..

Selain itu, jika dibandingkan jus atau buah asli, serat dan mineral pada infused water lebih rendah.. Sampai saat ini, belum ada penelitian tentang apakah infused water lebih baik dibandingkan air putih sendiri..

Berikut beberapa tips membuat infused water untuk menghindari risiko kesehatan diatas :


  • Pilih buah yang teksturnya tidak terlalu lembek dan mudah hancur seperti pisang, pepaya atau durian.
  • Pilih buah-buahan lokal untuk menghindari kontaminasi pestisida dari buah-buahan import yang telah disimpan lama.
  • Pastikan buah-buahan telah dicuci dengan air bersih  yang mengalir agar sisa pestisida dan kotoran yang menempel di kulit buah tidak terbawa ke dalam infused water.
  • Pilih buah-buahan segar seperti lemon, semangka, pepaya muda, atau strawberry untuk membuat infused water. Beberapa rempah-rempah seperti kayu manis, daun mint, rosemary dan thyme juga dapat digunakan untuk memperkaya aroma dan manfaat infused water.
  • Potong buah dengan ukuran sekitar 1-2cm. Tujuannya agar mendapatkan manfaat vitamin dan mineral pada buah secara optimal
  • Pilih tempat infused water berupa tempat kaca yang tutupnya kedap udara agar tidak terjadi oksidasi.
  • Diamkan beberapa waktu sebelum diminum, sehingga air putih mempunyai rasa sesuai dengan bahan-bahan seperti buah, daun mint, rempah yang dimasukkan.


  • Nah, itu sedikit tentang infused water !
    Semoga bermanfaat~~~ ^_^))/

    Sumber : UDoctor

    Poskan Komentar

    Terimakasih sudah meninggalkan komentar di BlogKuJie ^^