Review : Musuh Bebuyutan Kanya

Judul : Musuh Bebuyutan Kanya
Penulis : RisTee
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, April 2012
ISBN : 978-979-22-8304-4

Semester ini benar-benar mimpi buruk bagi Kanya! Naira sudah tidak sekamar lagi dengannya, dan setelah beberapa hari kesepian di kamar, Kanya akhirnya mendapatkan teman baru, Bianca. Sayangnya, kedatangan Bianca malah membuat hidup Kanya berantakan.

Sejak SMP, Kanya tidak pernah akur dengan Bianca. Sikap Bianca yang sok, suka menjahilinya, membuat Kanya naik pitam. Dan kini, setelah bertahun-tahun tak berjumpa, Bianca kembali lagi… Dan Kanya takut akan melewati hari-hari yang sama buruknya seperti saat di SMP dulu.

Dan memang, lagi-lagi, Kanya harus menghadapi berbagai keisengan Bianca. Tapi kali ini Kanya tidak tinggal diam! Dia bertekad menghadapi Bianca, melawannya. Namun perlawannya membuat mereka berdua berhadapan dengan guru BK. Puncaknya, keduanya malah diskors dari tim basket karena berkelahi saat latihan.

Siapa Bianca sebenarnya ? Kenapa dia selalu mengganggu Kanya sejak SMP ?

***
Kalo ngebaca sinopsisnya sih, pasti udah terbayang jelas isi novel ini apaa. So, mungkin review aku kali ini cuma ngebahas plus minusnya saja..

Untuk plusnya.. Musuh Bebuyutan Kanya ini didalamnya ada kebiasaan Kanya dan sahabt-sahabatnya menurutku unik, yaitu bercerita dengan buku curhat yang bergilir.. Padahal, mereka satu sekolahan dan satu asrama loh.. Keberadaan handphone pun terdeteksi dalam cerita ini.. Tapi, mungkin model curhat anti mainstream itu, membuat aku mikir bahwa hubungan Kanya dan para sahabatnya, unik !

Untuk minusnya.. Yaa, ceritanya biasa aja..^_^))v Musuhan, ada bumbu-bumbu cintanya, terus ada konflik dengan sahabatnya, terus ending bahagia dengan baikan bersama semua tokohnya..

Aku bahkan kurang suka dengan tokoh utama, Kanya.. Karena menurutku dia itu emosian, gak pernah liat situasi, sedikit sok, dan terlalu banyak mikir. Terbukti dengan banyaknya bagian si Kanya Baik (malaikat) dan si Kanya Bandel (iblis) yang muncul.

Terus, ada beberapa bagian yang sedikit gak nyambung dan menurutku terlalu mengada-ngada. Seperti, saat Adrian curhat ke Kanya kenapa dia dan Kristina putus. Lalu saking emosinya, si Adrian mukul bangku. Setelah mukul bangku tangannya Adrian sakit, jadi dibawa ke UKS, dan Kanya membukakan pintu UKS dengan alasan tangan Adrian sakit.
???

Emang Adrian cacat gitu, jadi mesti dibukaan pintu ?.. Aku aja kalo emosi sering nonjok tembok, tapi tanganku gak sakit tuh.. #apasih -___-

Lalu, bagian Kanya mulai melancarkan aksi pembalasan pada Bianca, yaitu dengan cara menyiram tas Bianca dikamar mandi. Nah, kamar mandi ini nih ! Aku mikirnya, karena mereka tinggal di asrama jadi kamar mandinya di dalam kamar. Tapi ada juga satu bagian pas Kanya dicoret mukanya ma Bianca dan ngantri ke kamar mandi dengan anak asrama lainnya. Terus ada bagian lagi, saat Bianca membagi dua kamar dengan memplester lantai, Kanya mengejek karena Bianca gak sadar kalo sisi bagian kamarnya ada kamar mandi.

Nah loh ?

Tapi, meskipun aku sedikit bingung.. Yaa, lumayan menghiburlah menjadi bacaan di hari Minggu-ku ini..

Poskan Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan komentar di BlogKuJie ^^