KKN (Part 2)

Hayyyaa, kayaknya udah lama banget aku gak nyentuh blog. Bukan karena malas, tapi di tempat aku KKN kemarin lumayan susah buat koneksi internet. Jadi gak sempat nulis berbagai kisahku saat disana.

Kalau berbicara KKN, aku sekarang lagi rindu-rindunya dengan teman poskoku. Belum cukup seminggu kami penarikan, tapi aku udah rindu pengen ketemu >_<))!

Oh iya, seperti diawal mengenai menulis kisah. Tentu, untuk postingan ini berkaitan dengan kisah atau lebih tepatnya kegiatan aku dan teman-teman selama ber-KKN di Desa Tanah Harapan, Kecamatan Rilau Ale, Bulukumba.

Beberapa diantaranya nih :

Observasi

Udah jelas kali yaa, yang pertama dilakukan saat KKN yaitu observasi lokasi. Untuk observasi saat itu Alhamdulillah tidak terlalu sulit, karena Desa Tanah Harapan sendiri hanya terbagi menjadi tiga dusun, yaitu : Dusun Masagena, Dusun Talle-Talle, dan Dusun Ganjenge.



Mata pencaharian masyarakatnya pun tidak terlalu banyak serta hanya dominan pada bidang pertanian dan perkebunan, terutama dalam pembibitan.

Kalau pun ada hambatan, mungkin pas saat berkunjung ke SMA 17 Bulukumba aja sih. Karena menuju kesana lumayan harus menempuh jalan yang masih berkerikil.


Sedangkan senangnya, karena bisa berkunjung di kebun buah kak Acca yang super luas. Tapi sayang, berhubung saat kedatangan kami bukanlah musim buah, jadi hanya sedikit yang bisa dibawa pulang, yaitu hanya jeruk sunkiss.



bawa pulang jeruknya sampe tiga kantong

Membuat Struktur Organisasi Posko

Ini malam saat kami sedang membuat struktur organisasi posko.

Gunting~~ Gunting~~ Gunting~~




Jum’at Bersih di Kantor Desa

Ini salah satu kegiatan rutin yang kami lakukan setiap hari jum’at.




Kerja Bakti Membersihkan TPU

Ini salah satu kegiatan yang masuk dalam list yang aku sukai. Kenapa ? Karena di kegiatan ini, gak cuma kami pejuang KKN poskoku yang kerja tapi masyarakat juga. Pokoknya rame lah ^_^))/ Yaa, meskipun pulangnya empat jari tangan aku kemasukan duri dan jari kakiku bengkak digigit semut hitam ^_^))”>




sempat-sempatnyaa ^^v
Seminar Desa

Yee, saatnya seminar desa ^_^))/ Dan Alhamdulillah, semua program kerja yang diajukan diterima. Tapi sayang banget, dokumentasinya banyak yang kabur ^_^))”> Jadi, gak terlalu jelas gitu.




Pembinaan TPA

Ayy.. Ayy.. Ayy.. Ketemu banyak anak-anak sambil mengajar mereka, aku suka~~ aku suka~~. ^_^))”>







Pengecatan Batas Desa



Sosialisasi IT

Kembali berkunjung di SMA 17 Bulukumba untuk melakukan Sosialisasi IT. Alhamdulillah sekali, program kerja yang satu ini berjalan lancar, antusiasme para siswa juga lumayan.  Hanya saja, masalah kendaraan yang kami miliki minim, jadilah saat itu pergi dan pulang sampai harus bonceng tiga ^_^))”>



Sosialisasi Budidaya Ikan Air Tawar, Usaha Penggemukan Sapi, dan Kartu Debit

Tiga sosialisasi digabung sekaligus dalam satu waktu. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat menghitung budget dan cara mengumpulkan peserta, tentu lebih baik jika disatukan dalam satu waktu saja.





Mengajar di SDN 90 Ganjenge

Well, mungkin ini kegiatan program kerja yang udah lazim banget dilakukan, mengajar. Tapi meskipun begitu, aku pribadi sangat bahagia bisa bertemu bahkan dekat dengan beberapa siswa di sekolah dasar ini.





Pelatihan Karya Sastra

Nah, ini jelas program kerja anak sastra bahasa yang punya nih. Kegiatannya di lakukan di SDN 90 Ganjenge, dibuka dengan sedikit pembawaan materi tentang karya sastra dan ditutup dengan tantangan menulis puisi.


Puisinya lucu-lucu loh, bahkan sampai aku bawa pulang. Tapi, ini salah satu puisi yang menurutku dan teman-teman lucu -___-


Pahlawan Kesiangan ??

Semarak Kemerdekaan

Untuk merayakan hari kemerdekaan, kami gak mau ketinggalan dong buat menyemarakkan hari itu. Jadi, kami buat perlombaan dengan peserta anak-anak SD. Menghibur sih, tapi lumayan menguji kesabaran juga, karena mereka semua susah diatur.




Pramuka

Ini kegiatan pas menjadi panitia tambahan di perkemahan Pramuka. Aku sih gak ikut, karena kembali lagi masalah kendaraan. Jadi hanya dua srikandi ini saja yang punya dokumentasi bersama adik-adik di perkemahan -___-))”>



Upacara 17-an & Gerak Jalan Indah

Saat itu merupakan pertama kalinya aku mengikuti upacara 17-an. Lumayan sedikit membosankan karena harus menunggu lama. Tapi lumayan senang juga, karena bisa ketemu teman-teman KKN sekecamatan dan foto bareng beberapa peserta lainnya.




Sedangkan untuk gerak jalan indahnya, aku dan teman-teman lebih tepatnya cuma berjalan menjadi pendamping saja. Membawakan adik-adik permen dan air minum, serta membantu memberikan arahan agar barisan tetap rapi.



Ramah Tamah

Kegiatan ini kami lakukan dua hari sebelum penarikan dan dirangkaikan dengan pemberian hadiah lomba yang kami buat sebelumnya. Dilakukan dua waktu, sore dan malam hari. 




Untuk aku pribadi, kegiatan ini kurang berkesan untukku. Dikarenakan saat itu kesehatanku lagi down, demam-sakit-kepala-batuk-beringus. Semuanya aku rasakan pas hari itu. Sampai mataku berwarna merah kayak vampire.

Okee, itu sekilas kegiatanku bersama teman-teman seperjuanganku saat KKN di Desa Tanah Harapan, Rilau Ale, Bulukumba. Hohoo, aku rindu kalian semua~~

Poskan Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan komentar di BlogKuJie ^^