Review : Junjou Romantica (Anime)


JUNJOU ROMANTICA, merupakan anime pertama genre romance yaoi (boy’s love) yang aku tonton. Kesannya ? ROMANTIS BANGET, BIKIN CEMBURU >_< ! Kenapa ? Yaa, karena pacar aku sendiri nggak seromantis para tokoh yang menjalin kisah cinta di anime ini. Eh, koq malah ngomongin kisah sendiri ^_^))”>




Okee, kembali ke anime Junjou Romantica ! 

Sebenarnya, ini anime lama yang merupakan hasil adaptasi manga karya Shungiku Nakamura,, tapi baru aku tahu, unduh, terus tonton kurang lebih sebulan yang lalu. Katanya sih, genre anime yaoi memang sedikit langka keberadaannya. Aku juga, nggak tahu sih alasannya, tapi beberapa comment di tempat aku unduh anime ini bilangnya begitu.


Nah, anime ini sendiri terbagi dalam tiga kisah, yaitu : Junjou Romantica, Junjou Egoist, dan Junjou Terrorist. Meskipun kisahnya terbagi, bukan berarti ceritanya nggak berkaitan satu sama lain loh ! Jadi, jangan khawatir akan bingung karena tiba-tiba ceritanya beralih dari pasangan satu ke pasangan lainnya. And, langsung saja aku bahas mereka satu-satu ^_^))/


Junjou Romantica
 


Berkisah tentang  Misaki Takahashi, seorang mahasiswa jurusan ekonomi, Universitas Mitsuhashi dan Usami Akihiko yang seorang novelis terkenal serta penulis manga genre yaoi. Hubungan keduanya dimulai, saat Misaki yang masih SMA sangat ingin melanjutkan pendidikannya tapi nilai hasil ujiannya kurang memuaskan. Saat itulah, kakak Misaki, Takahiro, meminta tolong Usami (Usagi) yang merupakan sahabatnya untuk memberikan les privat pada Misaki.

Saat itulah, mereka berdua tinggal bersama. Jalinan cinta antara mereka pun semakin erat, dikala Takahiro memperkenalkan calon istrinya pada Misaki dan Usagi. Padahal, Usagi tak melihat Takahiro sebagai sahabat saja melainkan ia juga menyukai Takahiro, dan Misaki mengetahui hal itu. Alhasil, Usagi pun meluapkan kesedihannya pada Misaki, dan dimulailah kisah cinta nan “romantis” diantara keduanya. 

Junjou Egoist


Kamijou Hiroki, adalah sahabat Usami Akihiko sejak kecil. Ia merupakan dosen sastra di tempat Misaki kuliah. Kisah cintanya diawali saat ia menangis di taman setelah sadar bahwa Usagi tak bisa membalas perasaannya, karena waktu itu Usagi sangat memiliki perasaan sangat mendalam pada Takahiro.


Tiba-tiba, ia pun dihampiri oleh seorang pria bernama Kusama Nowaki yang sedang bermain roket air bersama beberapa pria paruh baya yang ternyata CEO perusahaan. Mungkin, karena Nowaki mengenal Hiroki sebagai lulusan mahasiswa terbaik, karenanya ia bersikeras meminta Hiroki agar memberikannya les privat untuk persiapannya mendaftar kuliah di jurusan ilmu sosial. Hiroki pun akhirnya luluh terhadap Nowaki, bahkan hubungan cinta antara mereka pun terjadi setelahnya. Tapi akhirnya Hiroki kecewa, karena Nowaki dengan “egois” dan tanpa pemberitahuan meninggalkannya selama enam tahun ke Amerika dan mengambil jurusan kedokteran bukannya jurusan ilmu sosial. Makanya, saat mengetahui Nowaki pulang ke Jepang, ia tak segan menendang kepala Nowaki di bandara.


Junjou Terrorist


Takatsuki Shinobu, siswa tingkat SMA di Australia, memutuskan pulang ke Jepang untuk bertemu seseorang yang dia anggap telah ditakdirkan bersamanya, Miyagi You. Miyagi sendiri merupakan professor dan atasan Hiroki di kampus, pernah menikah dengan kakak Shinobu, tetapi bercerai. Karena alasan Miyagi telah bercerai itulah, Shinobu sengaja bertemu dengan Miyagi dan secara terang-terangan mengatakan bahwa Miyagi adalah takdirnya (jodohnya).


Shinobu menganggap Miyagi takdirnya karena kerap kali bertemu dengannya. Di perpustakaan, saat Shinobu ingin dirampok, saat hadir di pertemuan keluarga dalam rangka membahas pernikahan kakaknya bersama Miyagi, dan saat Miyagi bercerai.


Tapi, setelah menyatakan cintanya, Miyagi tak langsung saja menerima Shinobu. Alasannya, karena Shinobu ialah mantan adik iparnya, Miyagi merasa cinta sesama pria merupakan hal yang tak normal, hubungan mereka terpaut sangat jauh (Shinobu 18 tahun dan Miyagi 35 tahun), dan cinta Miyagi yang mendalam terhadap sensei-nya yang telah meninggal belum bisa hilang meskipun pernah menikah. Meskipun begitu, Shinobu tak pantang menyerah dan terus saja “meneror” Miyagi dengan mengatakan bahwa ia dan Miyagi memang telah ditakdirkan.



Nah, itu sedikit pembahasan dari anime Junjou Romantica. Kalo aku pribadi sangat suka bagian Misaki dan Usagi. Alasannya, karena kisah mereka berdua memang memang porsi romantisnya lebih kental dibandingkan dua lainnya. Selain itu, Misaki yang polos dan kerap kali menjadi mainan Usagi menjadi scene yang lucu, menurutku. Begitu juga, saat scene tiap kali Usagi menunjukkan bahwa betapa ia mencintai Misaki, baik saat mengucapkannya lewat lisan maupun tindakan. #KembaliCemburu >_<


Meskipun ini merupakan anime, yang kiranya merupakan kartun dan kerap kali dianggap salah satu hiburan saja. Tapi, aku sedikit bisa mengambil nilai yang bisa di petik, terlepas dari tokoh “sesama jenis” di dalamnya, salah satunya : ungkapkanlah perasaan cintamu pada orang kamu cintai lewat kata, karena sekuat apapun cinta yang tersimpan dalam hatimu, jika tak diungkapkan, maka sama saja orang itu takkan bisa merasakannya.

Posting Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan komentar di BlogKuJie ^^