Diet itu apa sih ?

"Kamu agak kurusan yah sekarang"

Diatas itu, adalah kalimat yang sering aku dapatkan seminggu belakangan ini. Orangtua, adik yang serupa tapi tak kembar, sepupu, dan beberapa teman.

Bangga ?

Hmmm, nggak juga sih ! Karena berdasarkan dari pengamatan terhadap bentuk badan diri sendiri. Yaa, memang begini. Badan aku memang cepat chubby-nya tapi cepat juga kurus-nya. Lain cerita kalo yang berubah adalah tinggi badan aku. Mungkin aku akan bangga jika tinggi badanku berubah seperti Nadine Chandrawinata ^_^))"v

Tapi, ngomong-ngomong berat badan. Beberapa teman mengira, aku kurusan karena melakukan diet. Padahal nggak ! Aku gak diet, ini karena stress aja jadi berat badan drop begini -__-))"> Dan, untuk masalah diet sendiri, kayaknya banyak yang salah kaprah dengan "diet" tersebut.

Nah, berikut sedikit pembahasan tentang diet~~


Seringkali bahkan kebanyakan orang tuh menganggap bahwa diet adalah proses penurunan berat badan. Padahal menurut ahli gizi, arti diet lebih luas dan tak melulu tentang penurunan berat badan.

Kata diet sendiri dalam bahasa Inggris artinya pengaturan pola makan. Dari sini aja, sudah dapat disimpulkan, bahwa diet itu pola makan kita yang diatur agar seimbang, bukannya pengurangan asupan makanan supaya berat badan turun.

Untuk melakukan diet pun sebenarnya gak seenak nempel tangan dijidat. Tapi perlu juga menghitung (analisis) berapa besar asupan makanan yang diperlukan untuk mencapai tingkat asupan gizi seimbang untuk tubuh. Lalu, memilih jenis atau metode diet juga jangan sembrono. Seperti, memilih dietnya Dedy Corbuzier. Kan belum tentu berhasil bakal dapat bentuk badan dan otot kayak si om botak itu.

Belum lagi, jika mempercayai mitos-mitos diet yang dibawah ini, seperti :

Tidak makan malam
Menghindari makan malam untuk menurunkan berat badan, adalah mitos yang kurang tepat. Karena menghilangkan makan malam akan berakibat munculnya keluhan tubuh tidak nyaman, lapar, atau bahkan gangguan lambung (sakit mag).

Tidak sarapan pagi bagus untuk diet
Salah pake banget nih. Karena tanpa sarapan, gula darah akan bisa turun. Kadar gula yang rendah akibatnya konsentrasi terganggu, lemas, mudah marah dan sebagainya. Sehingga bagi orang yang bekerja jadi tidak efektif. 

Minum air putih/air es akan membuat tubuh melar
Ini juga mitos yang salah kaprah. Air putih tidak mengandung kalori, jadi tidak akan menyebabkan gemuk. Air es memang akan membuat penyerapan makanan jadi lebih baik, tetapi air putih sendiri tidak memberikan sumbangan kalori. Sehingga seberapa banyak minum air putih tidak akan meningkatkan timbunan lemak. Pada tubuh yang normal, konsumsi air yang sangat banyak akan dikeluarkan oleh tubuh melalui kencing, sehingga kandungan air di tubuh tetap dalam bataas normal.

Air jeruk nipis cespleng menurunkan berat badan
Mitos yang juga tak benar. Malah, yang terjadi, biasanya kita meminum es jeruk dengan ditambah gula banyak-banyak supaya manis, karena jeruknya sangat asam. Akibatnya, lemak makin menumpuk. Boro-boro berat badan turun, yang terjadi malah bisa sebaliknya.

Nah, itu beberapa hal tentang diet yang aku tahu dan juga dibantu dengan artikel hasil search di internet. Semoga, bisa sedikit membantu memperbaiki kesalahkaprahan tentang "diet" yang ada selama ini ^_^))/

Review : Spora (Ahmad Alkadri)

Judul : Spora

Penulis : Alkadri

Penyunting : Dyah Utami

Penyelaras akhir : J. Fisca

Perancang sampul : Fahmi Fauzi

Ilustrasi sampul : Fahmi Fauzi

Ilustrasi naskah : Diani Apsari

Penata letak : Tri Indah Marty

Penerbit : Moka Media

Penerbit : Moka Media

Tebal : 238 hlm.

ISBN : 979-795-910-4


Novel Spora ini, adalah novel perdana yang aku dapatkan pas ikutan GA di goodreads. Kewajiban buat ngasih review disana sih, udah. Cuma aku pengen nambah-nambahin jumlah post di blog aku aja, jadi nulis ulang review-nya. #Plakk, kaya ada yang baca blogmu aja neng ^_^))">

Langsung aja ah, review-nya~~

Alif berhenti melangkah begitu menyadari keberadaan mayat. Rasa kosong yang ganjil menguasainya, membuat otaknya berhenti bekerja. Berhenti. Diam. Macet. Dia mengamati mayat itu; tanpa kepala, yang terbaring dengan kedua tangan terbentang di kedua sisinya dan dengan genangan darah yang jelas berasal darinya. Dia mengamati penampilannya, tubuhnya, dan akhirnya, dia menyadari beberapa hal lagi.

Alif mundur beberapa langkah, menatap benda yang baru saja membuatnya tersandung. Setelah beberapa saat, dia bisa melihat mereka; ada lebih dari satu. Dua, lebih tepatnya, dua tubuh yang terbaring di lapangan yang kosong tersebut. Genangan darah memenuhi permukaan lapangan, mengalir dari kedua mayat tersebut ke berbagai penjuru, dibawa oleh air hujan yang menuju ke tepian dan gorong-gorong.

Alih-alih wajah, kepala pria tersebut diselimuti sesuatu berwarna putih-kemerahan. Sesuatu tersebut tampak berdenyut, memiliki tangkai-tangkai dan benang-benang yang menjulur. Bagai rambut, uban, benang-benang tersebut tampak melambai-lambai ke atas, samping, bawah, padahal angin hanya bertiup ke satu arah.

Tiga kejadian tadi selalu meninggalkan korban yang sama; tanpa kepala. Sialnya, Alif selalu menjadi orang pertama yang mengetahui kejadian tersebut. Alhasil, Alif dicurigai akan kasus ini. Apa yang harus Alif lakukan? Dan kenapa selalu dia yang melihat semua ini?
***

Di bagian prolog Spora, saya masih merasa nyaman membacanya. Tapi setelah memasuki bagian Alif, saya merasa cukup bingung dan mengernyit untuk memahami percakapan yang ada.

Lalu, panggilan Rina ke Alif (atau sebaliknya), yang terkadang menggunakan “kamu” dan “kau” yang berubah-ubah. Terus, penggunaan panggilan "Mama" dan "Ibu/Ibunda". Begitu juga, panggilan Ibu Alif ke Alif, kadang menggunakan "dek" ataupun "Alif". Menurutku itu agak aneh dan sedikit membingungkan ^_^))v

Ada juga kalimat yang sedikit rancu menurut saya. Seperti “Wah, Mau Ada Apa di sekolah pagi-pagi begini, Dek? Ini hari Minggu lho.” 

“Mau Ada Apa” ???

Hal ganjil lain dalam novel Spora ini. Yaitu pas bagian Alif ditugaskan untuk mengumpulkan kotak sumbangan yang sudah setahun tidak terpakai. Wah, yang satu sekolahan sama Alif kebal penyakit banget. Padahal disekolahku saja, kotak sumbangan begituan, pasti setiap minggu diedarkan ke kelas-kelas. Entah itu memang karena ada yang sakit atau untuk pengajian hari jumat.

Tapi, terlepas dari hal diatas. Aku salut dengan sang penulis. Pendeskripsian suasana ataupun tempatnya detail banget. Terlebih lagi dengan ide ceritanya, menarik !. Kira-kira, kalo aku tulis ide ceritanya spoiler gak ya ?. Hmmm, yang jelas idenya dari spora yang jahat !. ^_^))">

Review : Koala Komal


"Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya. Cara dia ngeliat cinta akan berbeda, semenjak patah hati"


Buku terbaru Raditya Dika Koala Kumal, terdiri atas 12 cerita yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan orang-orang disekitarnya dalam hal patah hati. Entah itu patah hati bersama pacar, sahabat, ataupun orang lain yang belum kita kenal dan tidak tahu namanya.


Jika dibandingkan, buku ini tidak jauh beda dengan buku-buku sebelumnya. Dimana, masih menggunakan nama hewan untuk judulnya, ada komik ilustrasi singkatnya, dan pengalaman yang lucu tapi berakhir dengan mengajak kita untuk berpikir dan merenung.


Tapi untuk buku yang satu ini, terasa sedikit bikin hati nyesek, seperti diaduk-aduk sampai terenyuh dan merasa galau. Karena diawal pada pengantar, kita disajikan hal-hal yang lucu. Tapi semakin membaca bab-bab selanjutnya, sudah tidak ada hal-hal yang bisa ditertawakan lagi.

Terlebih lagi, pas bagian cerita si Koala yang jadi cover buku ini. Dimana masih berhubungan dengan patah hati. Tentang orang yang dulunya saling memberi rasa nyaman, namun saat bertemu lagi perasaan itu sudah berubah total. Persis seperti seekor koala yang bermigrasi dari hutan tempat tinggalnya, namun saat kembali koala itu kebingungan karena hutan yang pernah jadi rumahnya habis dibabat manusia.


Adapun minus dalam buku ini yaitu typo-nya, nama tokoh yang tertukar, jumlah kucingnya, dan kalimat cetakan miringnya juga sedikit ribet.


Tapi, secara garis besar, buku ini masih cocok lah untuk dijadikan teman untuk diwaktu luang. Karena bahasanya masih cukup ringan sebagai bahan bacaan. 

Hanya saja dengan kondisi setebal 260 halaman, mungkin penggila buku seperti saya sudah bisa melahapnya hanya jangka waktu satu atau dua jam.


Meskipun termasuk bacaan ringan. Menurutku Raditya Dika berhasil menyampaikan pesan moral didalam buku ini. Dengan cara memberikan kesimpulan yang berbobot dan mengajak kita merenung untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Monthly Giveaway: Let's celebrate International Book Giving Day 2015

Berhubung aku gak ngerayain Valentine, jadi aku ucapin Happy International Book Giving Day ! ^_^))/

Hampir tengah malam gini, aku nemu tweet dari kak @okeyzz tentang info monthly giveaway terbaru di blognya.. Yeah !! Kesempatan dapat buku gratis lagi nih ^_^))">


Hadiah bukunya gak tanggung-tanggung loh. Ada 25 buah buku ! Nih, gambar buku yang dijadiin hadiah di giveaway ini~~

PAKET 1

PAKET 2

PAKET 3

PAKET 4

PAKET 5

PAKET SPESIAL

Hayoo, hayoo.. Ada yang jadi buku incaran gak nih ? 

Ikutan giveaway ajaa, silahkan klik (disini) untuk menuju TKP giveaway-nya ^_^))/

Surat Untuk Stiletto Book

Teruntuk Stiletto yang semakin anggun~~

Hay, aku perkenalkan diri dulu yaa.. Aku Sofhy ^_^)), aku salah satu follower yang selalu rutin setiap hari tersuntik virus kepo kicauan-kicauan merdu darimu. Entah itu tips keren nan bermanfaat, kuis, info review, quotes, ataupun promo diskon darimu.


Oh iya, aku mengenalmu sejak setahun lalu. Saat aku terkurung dari kegilaan game online yang sedikit tak bermanfaat di sosmed facebook. Tahukah kamu ? Setelah laptopku terkoneksi dengan sinyal internet, aku “selalu” dan bahkan “pasti” pertama akan membuka game online itu.

Tapi, suatu hari aku membuka akun twitter-ku yang sempat tak terjamah beberapa bulan. Lalu aku melihat kuis mingguan darimu. Aku lupa hastag-nya apa. Hanya saja, aku sangat ingat, saat itu kamu memberi syarat memilih salah satu dari tiga buku beserta alasan kenapa ingin membacanya.

Aku sangat antusias mengikutinya. Sampai-sampai, itulah awalku mulai aktif memakai twitter-ku lagi. Tapi, walaupun aku sangat antusias, tetap saja rezeki belum berkenan denganku. Kuis yang berhadiahkan anak-anak kecil anggunmu itu, belum berkenan menjadi penghuni baru di rak buku sederhanaku.

Hingga suatu hari, muncullah kicauan merdumu mengenai BlogTour+Giveaway Finally You, Dian Mariani. Giveaway tersebut berlangsung di blog Kak Atria Little Book. Jujur saja Stiletto yang anggun~~, aku sebenarnya tidak tahu apa itu giveaway. Padahal, giveaway dan hadiah gratisan itu ternyata sama. Jadi yaa, kamulah yang pertama kali memperkenalkanku dunia giveaway berhadiah buku ini. Dan puji syukur juga, di partisipasi pertama kalinya aku ikut giveaway, aku langsung menang. ^_^))/

Aku pun diminta konfirmasi data dong. Waktu itu lewat email. Tapi setelah konfirmasi-ku itu, hadiah Novel Finally You lama banget sampainyaa -__-))”>

“Mungkin, novel Finally You-nya lagi nikmatin perjalanan ke Maros (Sulawesi-Selatan) kali yaa,” pikirku saat menghitung sudah dua minggu lebih paket tersebut tak kunjung datang.

Tak lama setelah itu, datanglah sebuah sms dengan sapaan “say” untukku. Isinya meminta aku mengirim alamat lengkap ulangku.

“Ohhh, ternyata. Novel Finally You-nya bukan lagi nikmatin perjalanan. Tapi dia lagi kesasar untuk sampai kerumahku”

Langsung saja aku mengirim ulang alamatku.

Dan, taraaaa~~ inilah penampakan anak kecil nan anggun dari Stiletto yang aku miliki.. Oh iyaa, anak kecil nan anggun ini sempat aku review loh, jadi silahkan klik (disini) untuk membacanya~~ ^_^))/



Stiletto yang semakin menawan~~

Jujur saja, aku terpikir dan sangat ingin menuliskan surat untukmu berisikan rangkaian kata yang indah, menawan, dan berkesan anggun sepertimu.

Tapi aku gak bisa. -__-))">

Aku sudah berpikir, sambil memosisikan jari-jemariku tetap di keyboard laptopku. Kata-kata indah seperti apa yang akan aku tuliskan, dan bisa membuatmu terkesan. Tapi, tetap gak bisa. Takutnya, aku maksain eh malah kesannya le-bay. ^_^))”>

Terlepas dari itu semuanya. Aku mau ucapin~~



Semoga, diusiamu yang ke-4 ini kamu bisa terus ngelahirin buku-buku lucu nan menginspirasi. Inspirasi yang tertoreh dalam cetakan di setiap lembaran buku terbitan, bisa menjadi motivasi untuk membawa kami sebagai pembaca menjadi lebih baik.

Pokoknya, WISH U ALL THE BEST lah buat kamu STILETTO~~

Oh iya.. Untuk saran, aku cuma mau nyaranin agar banyakin ngasih tips-tips dong.. Aku suka banget soalnya, baca tips-tips yang ada di website kamu ^_^))/


Tulisan ini 
diikutsertakan dalam


*** *** ***
Nama lengkap : Sofhy Haisyah
Twitter : @Sofhy_Haisyah
Email : sofhyhaisyah28@gmail.com



Game Google Offline Lucu

Hay blog-ku tersayang~~ 

Maaf ya, jarang sentuh kamu selama sebulan ini.. Tugas dari dosen berkumis itu buat aku stress belakangan ini.. Jadi aku terpaksa mengabaikanmu~~

[SKIP]

Di pagi hari yang penuh dengan kebaikan ini. Seperti biasa, aku berada di depan laptop sambil berinternet ria. Tapi sayang, mungkin karena faktor hujan jadi jaringannya sedikit menunjukkan kelabilan.

Tapi saat kelabilan itu muncul, aku nemuin sesuatu yang menyenangkan,.

Apa itu ?

Aku bisa main game google offline loooh #ginianajabangga ^_^))"v

Awalnya sih iseng dan gak sengaja mencet tuts keyboard spasi.. Eh, tiba-tiba dinosaurusnya jalan gitu.. Terus ketemu kaktus, eh GAME OVER. Disitulah, aku mulai beranggapan bahwa ini adalah sebuah game.




Gamenya sih sederhana. Cuma objek dinosaurus dan kaktus yang harus dilompati.. Cara agar dinosaurusnya melompat yaa lagi-lagi tuts keyboard spasi aja..


Secara pribadi sih, menurutku gamenya lucu, simpel, dan menyenangkan. Tapi tetap, pasti adalah sisipan kesulitannya. Kesulitannya sendiri yang aku dapetin itu, yaa semakin score kamu sudah tinggi, dinosaurusnya juga semakin kencang larinya.

Saking kencangnya, mata aku cuma ngeliat sekelebatan titik hitam yang bergerak aja di layar aku.. #sedikitboong ^_^))"v

Itu aja sih !

Tapi lumayan loh ! Jaringan lagi nyebelin, tapi main game sederhana ini yaa nyebelinnya sedikit berkurang.. Oh iya hampir lupa ^_^)) game ini aku mainkan di Google Chrome loh yaa.. Gak tau deh, di Mozilla ada juga ato nggak..