Review : Runaway (Kezia Evi Wiadji)


Judul : Runaway
Penulis : Kezia Evi Wiadji
ISBN : 978-602-251-776-4
Penerbit : Grasindo
Editor : Abdurrahman
Desain Cover : Chyntia Yanetha
Tahun terbit : 2014
Tebal : 146 halaman

Amy dan adiknya, hidup bersama orangtua yang tidak lagi saling mencintai. Keberadaan sang Ayah telah digantikan oleh materi, sementara sang Ibu selalu menyakiti dirinya sendiri. Bertahun-tahun Amy merasa tidak bahagia. Gedung gereja dan kesibukannya sebagai panitia Natal selalu menjadi pelariannya.

Suatu hari, sepulang sekolah, Amy menemukan rumah dalam keadaan kosong. Hanya terdapat jejak darah di lantai dan di kamar Ibunya. Sesuatu yang mengerikan telah terjadi pada Ibunya.

Karena tak mampu lagi bertahan, Amy melarikan diri. Lari dari keluarga yang tak lagi memberinya rasa aman, kebahagiaan, juga kasih sayang.

Tetapi,

Seorang cowok menyebalkan, memergoki pelariannya itu.

***

“Dalam pelarian, aku menemukan kebenaran”

Berkisah seorang remaja bernama Amy yang memiliki keluarga berantakan. Nyaris setiap saat dia harus berpura-pura tuli saat mendengar pertengkaran orangtuanya. Bahkan tak jarang, pertengkaran tersebut menjadi sarapan pagi untuknya.

Sungguh ironis memang bagiku membayangkan kehidupan rumah tangga seperti itu. Apalagi, mengingat posisi Amy berperan sebagai kakak sulung dari adiknya, Tasya. Belum lagi kenyataan tentang pasangan selingkuhan Ayahnya yang ternyata sangat dekat keberadaannya.

Tak berhenti disitu saja, saat dia menemukan tempat terdamai yang bisa dia jadikan pelarian atas beban hidupnya. Muncullah sosok cowok yang jail, kepo, menjengkelkan, dan selalu membuat Amy mendengus keras bak banteng, dia adalah Reno.

Well, jujur saja. Saya selalu melihat pict novel Runaway berseliweran di beranda sosmed-ku dan aku mengira bahwa bulatan merah dicovernya adalah buah apel. Eh ternyata, hiasan pohon Natal ^_^))v

Mengambil tema keluarga dan moment Natal, menurutku adalah sesuatu tema novel yang unik. Mungkin diluar sana udah ada novel bertema seperti ini, tapi aku sendiri baru kali ini membacanya.

Aku sangat suka tokoh Amy dalam novel ini. Karena aku yakin, jika kejadian seperti itu menimpaku, mungkin aku takkan sekuat dia dan memilih untuk berlari ketempat yang memberikannya hal positif, GEREJA. Sosoknya yang selalu ingin melindungi adiknya pun sangat aku hargai. Yaa, meskipun akhirnya dia mengetahui ternyata Tasya-lah salah satu penyebab pertengkaran orangtuanya, dia tetap selalu menjaga adiknya tersebut.

Belum lagi Reno. Sosok cowok keren yang ternyata juga menyimpan masalahnya sendiri. Tapi berbeda dengan Amy, Reno menurutku disini sangat dewasa pemikirannya. Bahkan, mungkin bisa dikatakan bahwa dia juga memiliki andil menyatukan kembali kehangatan keluarga Amy.

“Hidup kita penuh dengan pilihan. Kamu mau pilih yang mana ? Selalu marah dan sedih ? Atau mencoba menerima dan tetap bersyukur ?” - Reno 
“Kalau aku bisa memilih, aku lebih memilih mempunyai orangtua yang bermasalah, tetapi aku masih bisa mengenal mereka. Bisa hidup bersama mereka” - Reno 
“Seburuk-buruknya orang tuamu, mereka tetap menyayangi kamu dan adikmu, kan ?” – Reno

Itu beberapa quotes yang dilontarkan Reno di Runaway ini ^_^))/

Oh iya, aku mau ngekritik penulisan “orang tua”. Iya sih, aku belum pernah menerbitkan novel atau semacamnya. Tapi menurutku ini perlu diberitahukan, dan memang inikan gunanya review sebuah buku/novel ? ^_^))v

Menurutku, perlu untuk membedakan pemilihan kata “orang tua” dan “orangtua”. “Orang tua” berkaitan dengan orang yang sudah lanjut usia. Sedangkan “Orangtua” berkaitan dengan Ayah dan/atau Ibu. Ayah dan Ibu Amy disini sepertinya digambarkan sosok yang belum lanjut usia, jadi harusnya sih pake “Orangtua”.. ^_^))”>

Tapi keseluruhan, aku menyukai novel ini. Pas konflik awal dan akhir pun, aku sempat nyesek dan sedikit menangis membayangkan posisi Amy saat itu. -___-))” Keluarga, Kebersamaan, dan Saling Menerima merupakan pesan moral dalam novel ini.

Last, thank you buat sang penulis, Kak Kezia yang udah ngasih kesempatan buat review novel Runaway-nya.. Moga, makin sukses terus yaa kak ^_^))/

Gift #GAWisataDaerahku

Selamat pagi~~

Hari ini hari libur nasional, Nyepi.. Buat kawan yang beragama Hindu, selamat beribadah Nyepi yaa ^_^))/

Untuk postingan kali ini, aku mau nulis tentang salah satu event borongan yang dilakukan para traveller diblognya masing-masing.. Kalo aku gak salah ingat, pertengahan Januari event itu dimulai.

Event-nya yaitu #GAWisataDaerahku.. ^_^))~~

Itu event, bertujuan untuk memperkenalkan tempat, makanan, ciri khas, atau apa sajalah yang unik tentang daerahmu.. Waktu itu, dari 14 host aku ikut di 6 blog.. Dan, alhamdulillah~~ aku bisa menang giveaway ini di 2 blog ^_^))/

Oh iya, berikut kakak-kakak travel blogger yang ngadain giveaway tersebut :

Gak dipungkiri memang, aku ikut karena pengen nyari "gratisan".. Tapi, setelah ikutan berpartisipasi, ada sesuatu rasa senang yang muncul.. Senang karena apa ?.. Yaa, senang karena aku bisa nyeritain hal-hal unik tentang daerahku.. Entah itu tempat wisatanya, budayanya, kulinernya.. Pokoknya senang, bisa sedikit pongah dengan keunikan daerah sendiri ^_^))v

Dan, ini hadiah giveaway yang udah datang~~

Ini dari Kak @Noerazhka

kaos I Love Semarang

Post Card dan Contact Card

Kalung
Ini dari Kak @citrarahman
9 Summers 10 Autumns, Iwan Setyawan

Dan, ini Post Card dari Soton (Southampton) dari Kak @dngsprn.. Sebagai hadiah tambahan buat yang gak menang tapi berpartisipasi ikut diblognya..


Ituuu penampakan hadiahnya.. 

Pas "mereka" datang, senangnya pake double banget.. Terutama yang post card dari Southampton ituu.. Hihii, baru kali ini soalnya dikirimin post card, plus dari luar negeri pula.. 

Terus, terus, postingan ini gunanya apaa ?

Yaa gunanya, 

kenali & pelajari keunikan, potensi, dan keindahan daerahmu !! 

Siapa tau, ada event seru keroyokan kayak gini lagi.. Kan seru ! Bisa memperkenalkan daerah kalian, bisa mengenal daerah orang lain, dan jika beruntung dikasih hadiah.. ^_^))/

Monthly Giveaway March, by Oky Septya

Aku mau posting info giveaway lagi nih.. Kali ini host-nya kak Oky ^_^))/ (twitter : @okeyzz)


Sempat menganga juga sih liat giveaway-nya.. Telat ikut tiga hari soalnyaa >_< !! Tapi gak apa-apa, yang namanya rezeki gak kemana cuy ^_^))/.. And, i hope tuh hadiah bukunya bisa jadi kado ultah buat aku ^_^))">

Maunyaaa~~

Oh iya, untuk giveaway ini, Kak Oky nyediain hadiah salah satu novel Penerbit Bentang, karya Nurilla Iryani "Yummy Tummy Marriage".. Dan, ini penampakan hadiahnyaa~~


Covernya lucu dan sweet banget yaa ^_^))~~

Oh iya, buat teman-teman yang pengen ikutan giveaway ini, langsung capcus [[disini]] aja yaa..

(re) Blogtour+Giveaway Novel Wind

GIVEAWAY TIME !!

Kali ini aku posting giveaway dari blog-nya Kak Biondy.. Giveaway ini berhadiah novel Wind dari penerbit Haru.. 

Aku posting ini untuk nge-full-in entry rafflecopter sih.. Tapi yang kebetulan baca postingan ini dan pengen ikutan, yookk marii ^_^))/

Dan ini penampakan novel Wind-nyaa~~


Udah ah.. Langsung capcus (disini) aja yaa, kalo mau ikutan ^_^))/ 
Siapa tau beruntung~~

Infused Water, Kesehatan atau Trend ?

Infused water, siapa sih yang gak tau.. Itu loh minuman dari olahan buah yang cara buatnya sangat simpel, yakni air bersih siap minum dicampur potongan buah dan rempah-rempah. 

Aku sendiri pernah nyoba bikin. Tapi alih-alih enak, eh rasanya malah pahit ^_^))">


Awalnya infused water ini menjadi salah satu alternatif bagi orang yang kurang suka dengan air putih karena memiliki aroma dan rasa.. Namun, saat ini air putih yang berisikan buah-buahan ini menjadi trend baru anak-anak muda dikota besar.. Setiap kali duduk di café dan memesan minuman ini, tidak lupa untuk memposting-nya di sosial media..

Lalu, Apakah Infused Water Bermanfaat Bagi Tubuh ^_^))?

Menurut ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, akan lebih baik jika buah dikonsumsi langsung dibandingkan menjadi infused water karena buah yang dijadikan infused water bisa saja terkontaminasi oleh air yang digunakan.. Jika buah yang dikonsumsi sudah terkontaminasi, maka akan menyebabkan bakteri menyebar ke dalam tubuh.. Apabila menyebar, bakteri dalam tubuh bisa mengakibatkan diare, muntah-muntah, dan gangguan pencernaan..

Selain itu, jika dibandingkan jus atau buah asli, serat dan mineral pada infused water lebih rendah.. Sampai saat ini, belum ada penelitian tentang apakah infused water lebih baik dibandingkan air putih sendiri..

Berikut beberapa tips membuat infused water untuk menghindari risiko kesehatan diatas :


  • Pilih buah yang teksturnya tidak terlalu lembek dan mudah hancur seperti pisang, pepaya atau durian.
  • Pilih buah-buahan lokal untuk menghindari kontaminasi pestisida dari buah-buahan import yang telah disimpan lama.
  • Pastikan buah-buahan telah dicuci dengan air bersih  yang mengalir agar sisa pestisida dan kotoran yang menempel di kulit buah tidak terbawa ke dalam infused water.
  • Pilih buah-buahan segar seperti lemon, semangka, pepaya muda, atau strawberry untuk membuat infused water. Beberapa rempah-rempah seperti kayu manis, daun mint, rosemary dan thyme juga dapat digunakan untuk memperkaya aroma dan manfaat infused water.
  • Potong buah dengan ukuran sekitar 1-2cm. Tujuannya agar mendapatkan manfaat vitamin dan mineral pada buah secara optimal
  • Pilih tempat infused water berupa tempat kaca yang tutupnya kedap udara agar tidak terjadi oksidasi.
  • Diamkan beberapa waktu sebelum diminum, sehingga air putih mempunyai rasa sesuai dengan bahan-bahan seperti buah, daun mint, rempah yang dimasukkan.


  • Nah, itu sedikit tentang infused water !
    Semoga bermanfaat~~~ ^_^))/

    Sumber : UDoctor